Senin, 25 November 2013

Cara Menambahkan input teks Arabic pada Windows 7

Cara Menambahkan input teks Arabic pada Windows 7 السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Selamat Malam,
Hari ini kami santri dari PP Qodratullah mau share sesuatu nih :). Cara Menambahkan input Teks Arabic pada Windows 7.
Langsung saja... 
Untuk dapat memasukkan teks huruf Arab di beberapa perangkat lunak aplikasi yang ter-install pada komputer dengan sistem operasi Windows 7 (berbagai edisi), pastikan terlebih dahulu bahwa input teks Arabic telah ditambahkan pada Windows 7. Dengan asumsi bahwa sama sekali belum dilakukan pengaturan input teks bahasa (dengan default setting keyboard menggunakan layout English atau US), follow these steps
1.       Klik Start button > Control Panel
Muncul jendela Control Panel yang tersusun berdasarkan kategori.

2.       Pada menu Clock, Language, and Region pilih Change keyboards or other input methods. Kemudian akan muncul kotak pengaturan seperti pada gambar berikut :




3.       Pada tab Keyboards and Languages, klik Change Keyboards, akan muncul kotak pengaturan seperti pada gambar berikut :




4.       Masih di tab General, klik Add

5.       Muncul kotak pengaturan Add Input Language. Scroll ke bawah (jika diperlukan) hingga menemukan kelompok input teks bahasa yang Anda inginkan. Pilih salah satu kelompok input bahasa, double klik (pada gambar contoh kami memilih kelompok Arabic (Saudi Arabia)) > double klik Keyboard > check (beri centang dengan “klik”) pada salah satu layout keyboard (pada gambar contoh kami memberi centang Arabic (101)).

6.       Klik OK. Kembali ke kotak pengaturan Text Services and Input Languages, klik Apply.

7.       Masih di kotak pengaturan Text Services and Input Languages, klik tab Language Bar. Lakukan pengaturan terhadap Language Bar (pada gambar contoh, kami memilih Language Bar pada posisi Docked in the taskbar, yang nantinya Language Bar akan berada pada taskbar), kemudian klik OK.



8.       Doooone… perhatikan sudut kanan taskbar komputer Anda (jika Anda memilih Docked in the taskbar pada langkah ke-7),


atau cari Language Bar di Desktop komputer Anda (jika pada langkah ke-7 Anda memilih Roating on Desktop).
                             

9.       Untuk melihat input teks bahasa yang baru saja Anda tambahkan, klik tepat pada indikator bahasa di Language Bar. Yang tercentang, berarti input aktif. Selanjutnya, jika Anda ingin mengganti input aktif, cukup klik input teks yang Anda inginkan


10.   Selanjutnya, jika Anda ingin menambahkan input teks untuk bahasa lainnya, cukup klik kanan pada indikator bahasa di Language Bar, kemudian klik Setting. Lakukan langkah ke-4 hingga ke-6, klik OK setelah klik Apply.

That’s all… selamat bekerja.

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Posting Lebih Baru Beranda

1 komentar:

Posting Komentar