Rabu, 04 Desember 2013

Panduan ringkas Pengetikan Teks Arab menggunakan Microsoft Word 2010


Assalamu’alaykum wa rahmatullahi wa barakatuh

Kali ini kami akan posting tips untuk...

Panduan ringkas Pengetikan Teks Arab menggunakan Microsoft Word 2010

Panduan ringkas ini menggunakan Microsoft Word 2010 yang terinstal pada sistem operasi Windows 7 Professional, dengan asumsi bahwa input teks bahasa Arab telah ditambahkan pada komputer Anda, berikut langkah-langkah pengetikan teks Arab menggunakan Microsoft Word 2010 (untuk komputer yang belum ditambahkan input teks bahasa Arab, silahkan baca artikel Menambahkan input teks Arabic pada Windows 7).
Sebenarnya tidak banyak perbedaan fungsi menu maupun penggunaan fitur pada Microsoft Word 2010 dalam hal pengetikan teks latin maupun teks Arabic ataupun teks unicode lainnya. Namun tentu saja ada beberapa hal mendasar, yang perlu untuk diperhatikan sebelum Anda bekerja dengan input teks Arabic menggunakan Microsoft Word 2010. Beberapa hal tersebut adalah:

-       Pada pengetikan dengan teks Arab, layout keyboard latin berubah dan tidak tersusun secara alfabetikal. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk mempersiapkan keyboard yang telah ditandai dengan huruf-huruf Arab pada setiap tombol.

-       Pada teks bahasa Arab tidak dikenal huruf kapital, dengan sendirinya tombol CapsLock di keyboard menjadi tidak berfungsi, dan menekan tombol Shift bukan untuk menjadikan huruf pertama sebuah kata menjadi huruf kapital, melainkan menjadi tombol untuk merubah karakter huruf menjadi tanda syakal.

-       Text directon latin dari kiri ke kanan, sedangkan untuk teks Arabic input per kata maupun kalimat bergerak dari kanan ke kiri.

Setelah hal-hal tersebut di atas diperhatikan dan dipastikan bahwa input teks bahasa Arab telah ditambahkan pada komputer Anda, baiklah… here we go….

1.    Jalankan aplikasi Microsoft Word 2010.

2.    Setelah keseluruhan antarmuka Microsoft Word 2010 tampil pada layar komputer, ubah input aktif menjadi input teks Arabic. Klik indikator Language Bar, beri centang (dengan klik) input teks Arabic (pada gambar contoh kami menggunakan input teks Arab (Saudi Arabia). Untuk lebih jelas, silahkan baca artikel Menambahkan input teks Arabic pada Windows 7). 


3.    Lakukan pengecekan (perubahan) terhadap input karakter angka, agar angka yang dimasukkan juga berubah menjadi angka teks Arab. Langkah yang harus dilakukan:
pada tab menu klik File > Options >Advanced. Akan muncul kotak pengaturan Word Options seperti pada gambar berikut



4.    Pada kotak pengaturan Word Options, scroll ke bawah hingga menemukan sub pengaturan Show Document Content.



5.    Masih pada sub pengaturan Show Document Content,  klik Numeral. Perhatikan, jika setting bawaan Microsoft Word 2010 masih Arabic, rubah menjadi Context. Pilih Context kemudian OK.




6.    Okeiy dookey… input teks untuk karakter angka telah berubah, dari angka latin ke Arabic. Langkah ini cukup dilakukan satu kali, selanjutnya jika Anda kembali menjalankan aplikasi Microsoft Word 2010 dan hendak bekerja dengan teks Arabic, langkah ini tidak perlu dilakukan lagi. Untuk selanjutnya, sistem numeral pada Microsoft Word 2010 telah otomatis berubah menjadi Context, yang berarti karakter angka akan berubah menjadi angka teks Arab (dengan sendirinya) jika Anda mengaktifkan input teks Arabic.


7.    Next, yang butuh Anda lakukan adalah merubah arah teks. Lakukan perubahan Text Direction dari kiri ke kanan (untuk teks latin), menjadi dari kanan ke kiri (untuk teks Arabic). Perhatikan ribbon pada tab menu Home. Lihat group Paraghraph, klik Right-to-Left Tex Direction. Setelah itu, dengan sendirinya cursor akan berpindah tempat begitupun posisi gutter pada ruler berubah dari semula di kiri berubah menjadi berada di posisi kanan.



8.    Baiklah, pemirsa sekalian ^_^ Anda telah siap mengerjakan pengetikan teks Arabic dengan menggunakan Microsoft Word 2010. Berikut kami berikan konversi tombol keyboard (menggunakan keyboard QWERTY) dari latin ke Arabic





dan konversi huruf menjadi tanda syakal. Ingat, untuk memasukkan tanda syakal lakukan dengan menekan tombol Shift



9.    Sebagai anjuran, gunakan jenis font Traditional Arabic, dengan ukuran yang paling ideal jika dalam pengetikan Anda juga menggunakan huruf latin.

That’s all… selamat bekerja

Wassalamu’alaykum wa rahmatullahi wa barakatuh

Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar